• slide 1

    Seragam Kerja Kemeja PDH / PDL

    Pakaian Dinas Harian ini biasa di pakai oleh staff kantor, sedangakan Pakaian Dinas Lapangan biasa dipakai oleh petugas lapangan....

  • slide 2

    Seragam Kerja Jacket

    Jacket Semi Formal yang biasa dipakai oleh perusahaan IT atau didaerah yang lebih dingin, juga bisa dipakai untuk acara keluar....

  • slide 3

    Seragam Kerja T Shirt

    Kaos berkerah biasa dipakai untuk kegiatan resmi tapi santai, kaos oblong biasa dipakai untuk kegiatan santai spt gathering,dll...

  • slide 4

    Seragam Harian Resmi Jas / Blezzer

    Pakaian Dinas Resmi ini disiapkan untuk para profesional, para pejabat publik dan sekelasnya, seperti Jas, Blazzer, Safari, Beskap, DLL....

  • slide 5

    Seragam Kerja Kemeja PDH / PDL

    Pakaian Dinas Harian ini biasa di pakai oleh staff kantor, sedangakan Pakaian Dinas Lapangan biasa dipakai oleh petugas lapangan....

  • slide 5

    Seragam Sekolah dan Kampus

    Menyediakan TOGA Wisuda, Jas Almamater, dan seragam sekolah lainnya....

  • slide nav 1

    Pakaian Harian

    Seragam Kerja yang biasa di pakai di Kantor sehari-hari spt kemeja berkerah ...
  • slide nav 2

    Jacket

    Seragam Kerja yang biasa di pakai terutama kalau ada acara tugas keluar
  • slide nav 3

    Pakaian Harian T Shirt

    Seragam Kerja yang biasa di pakai nyantai tapi formal untuk poloshirt, dan suasana santai untuk kaos tak berkerah
  • slide nav 4

    Pakaian Resmi

    Seragam Kerja yang biasa di pakai di dalam acara acara resmi
  • slide nav 5

    Kemeja PDH

    Seragam Kerja yang biasa di pakai di Kantor sehari-hari spt kemeja berkerah .....
  • slide nav 6

    Jacket

    Seragam Kerja yang biasa di pakai di dalam atau diluar Kantor terutama kalau ada acara tugas keluar

Kami Menjadi Solusi untuk Busana Kerja Perusahaan Anda

Rumahjahit telah berdiri sejak tahun 2005. Kami melayani berbagai kebutuhan pakaian seragam. Seragam Kerja, Seragam Komunitas, Seragam sekolah, dan kampus. Visi Kami Menjadi salah satu mitra terpercaya dalam pengadaan seragam bagi para pengguna seragam dan para pemenang tender di seluruh Indonesia.

Delete this element to display blogger navbar

Noda VS Seragam Kerja, Jas Almamater dan Toga Wisuda

Diposting oleh zaki di 08.59

       
Bagai mana jika baju kesayangan anda ( Seragam Kerja, Jas Almamater, Toga Wisuda dan Kaos ) terkena noda yang susah untuk di hilangkan. Jangan kuatir karna saya ada sedikit tips untuk menghilangkan noda tersebut dan mudah - mudahan dapat menjadikan baju kesayangan anda 
( Seragam Kerja, Jas Almamater, Toga Wisuda dan Kaos ) dapat di pergunakan seperti biasanya :

 
ada banyak macam noda yang dapat membuat anda tidak nyaman untuk memakainya

- Noda Minyak                                  - Noda oli
- Noda darah                                     - Noda parfum
- Noda Lumpur                                  - Noda Buah-buahan
- Noda Tinta                                      - Noda Teh
- Noda Lemak                                   - Noda Susu
- Noda Luntur                                    - Noda Karat dll 

Untuk secara umum cara membersihkan baju dari Noda dapat di lakukan berikut ini : 
  • Segeralah bersihkan Noda yang menempel pada baju anda karena noda yang baru akan lebih mudah untuk dibersihkan
  • sebaiknya tidak menggunakan sabun batangan untuk noda baru kerena akan menyebabkan noda menyebar ke sekitarnya
  • Gunakan air yang dingin hanya untuk membilas dan air panas untuk membersihkan noda
  • tidak menyatukan dengan pakaian yang lain ketika proses pembersihan karena takut menular pada pakaian yang lain dan yang telebih penting proses pembersihan lebih maksimal
  • yang pasti hindari pemakaian mesin cuci. 


Untuk secara khusus, anda dapat melakukannya seperti di bawah ini :


Noda tinta 
Siapkan Ember dengan air yang secukupnya lalu rendam Seragam Kerja yang kena noda dalam air selama 15 menit. Oleskan bagian yang ternoda dengan sabun colek, kucek sampai noda hilang.
 
Noda teh dan kopi 
 Jika Jas almamaer yang kena noda terbuat dari katun atau kapas, rendamlah dalam larutan panas dari boraks atau asam tartaric. Jika terbuat dari sutera, wool atau sintetis gunakan larutan boraks hangat atau larutan ultraoksidasi edrogen (air oksigen) hangat.
 
Noda lemak 
 Seragam Kerja berbahan katun, cuci pakaian dalam air hangat yang dicampur sodium. Bahan sutera atau sintetis dapat dihilangkan dengan bensin dan bedak. Caranya usap bagian bernoda dengan kain yang dicelupkan dalam bensin lalu taburkan bedak, sikat dengan lembut.
 
Noda buah-buahan 
Ketika Toga Wisuda kena noda Buah2an sebaiknya gunakan larutan penghilang warna atau larutan boraks yang telah yang telah didihkan selama 5 menit.
 
Noda susu 
 letakkan bagian Jas Almamater teroda diatas bongkahan es dan tunggu sampai noda susu membeku, lalu hilangkan. Jika masih berbekas ulangi dengan menggunakan cuka asam.
 
Noda cat 
rendamlah Kaos dan Seragam Kerja yang terkena cat dalam kerosin. lalu sisa bagian yang membandel bersihkan dengan bensin.
 
Noda luntur 
 jika Seragam kerja, jas almamater dan Toga Wisuda kelunturan warna pakaian lain, maka anda dapat merendamnya ke dalam larutan asam cuka dicampur dengan deterjen selama 30 menit
Menjengkelkan.Apabila pakaian kita terkena noda. Jangan panik, ikuti langkah-langkah berikut untuk menghilangkan noda tersebut dari pakaian kesayangan anda atau keluarga.
 
Noda Saus
Kalau terkena saus tomat atau saus mustard, segera bersihkan pakaian dengan air hangat. Lebih baik lagi kalau noda itu dibubuhi gliserin. Kalau noda itu menjadi merah, tidak usah khawatir karena akan hilang saat dicuci.

Noda Parfum
Parfum yang disemprotkan ke Seragam Kerja kadang meninggalkan bekas. Untuk membersihkannya, rendam pakaian di air hangat selama setengah jam. Lalu cuci seperti biasa.
Atau rendam pakaian dalam air yang diberi cuka selama beberapa jam. Setelah itu cuci seperti biasa.

Bisa juga cuci Jas Almamater dengan air hangat lalu gosok noda parfum dengan gliserin. Setelah itu cuci Toga Wisuda seperti biasa. Cara lain, noda bekas parfum pada pakaian bisa dihilangkan dengan cairan amoniak yang tidak pekat. Tetesi cairan amoniak ini pada noda, lalu kucek-kucek. Terakhir cucilah pakaian seperti biasa.

Noda Oli
Ambil secolek mentega lalu oleskan pada Seragam Kerja yang bernoda. Diamkan kira-kira 15-30 menit lalu cuci Seragam Kerja seperti biasa.

Noda Minyak
Bila Seragam Kerja, Jas Almamater  atau taplak terkena noda minyak, segera taburi tepung atau bedak talek. Diamkan selama 10-20 menit. Bersihkan. Kalau nodanya belum hilang juga, ulangi kembali sampai nodanya hilang. Kalau tak mau hilang juga, gosok noda dengan thinner. Hati-hati jangan lakukan hal ini dekat api.

Cara lain, cuci kain dengan air sabun hangat, tapi jangan panas. Bila yang terkena minyak, pakaian yang terbuat dari nilon, segera taburkan bedak talek pada noda tersebut. Atau ambil kertas minyak untuk muka, taruh di noda. Lalu noda disetrika. Setelah selesai, taburi dengan bedak talek.

Noda Lumpur
Bila suatu hari anak anda pulang dengan pakaian penuh lumpur, jangan panik. Biarkan lumpur mengering, baru setelah itu lmpurnya disikat. Kalau masih ada sisa noda, gosok dengan air rebusan kentang. Terakhir cuci biasa.

Noda Lilin
Bila Seragam Kerja atau taplak meja anda ketumpahan lelehan lilin, keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap kertas tersebut.

Noda Lem
Bila suatu ketika Jas Almamater terkena lem, jangan bingung. Kalau lemnya tembus pandang, olesi aseton pada noda. Tapi kalau lemnya bergetah, noda lem dilap dulu dengan lap basah bersih, kalau sudah kering baru gunakan aseton.

Noda Karat
Masak air di ketel, lalu Seragam Kerja yang terkena noda karat dijerang ke uap panas ketel sambil diberi perasan air jeruk nipis. Lalu kucek beberapa saat. Setelah itu cuci seperti biasa.
Atau tetesi bagian yang berkarat dengan cuka dan garam. Lalu gosok sampai bersih. Setelah itu cuci kain dengan sabun. Ulangi cara ini sampai noda karatnya hilang.

Cara lain, teteskan air jeruk nipis pada bagian pakaian yang bernoda karat. Sementara itu ambil kain bersih dan celupkan ke air. Lalu taruh kain di atas noda. Setelah itu setrika pakaian yang ditutup kain bersih. Ulangi beberapa kali maka noda karat pun akan hilang.

Noda Getah
Olesi mentega pada noda lalu diamkan sebentar. Setelah itu cuci Jas Almamater atau taplak dengan sabun, sambil daerah yang ternoda dikucek-kucek.

Kalau baru kena getah, segera kucurkan air panas ke pakaian yang bernoda. Kalau tidak mau hilang juga, ambil sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian yang terkena getah itu. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

Noda Cokelat
Bila Seragam Kerja  terkena noda coklat dan sudah dicuci nodanya tidak mau hilang, coba cuci dengan air hangat dan obat penghilang noda. Kalau tidak mau hilang juga, buat campuran gliserin dan kuning telur. Oleskan larutan ini ke noda dan diamkan selama beberapa waktu. Setelah itu cuci kain dengan air hangat.

Noda Darah
Bersihkan noda darah dengan air garam. Setelah noda hilang, bilas Jas almamter anda dengan air hangat. Terakhir cuci seperti biasa.
Bila kain yang bernoda perlu di-dry-clean, sebelum diserahkan ke laundry, olesi noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut. Noda pun akan memudar. Segera setelah itu bawa tekstil ke laundry untuk di-dry-clean.

Noda Cat pada Seragam Kerja
Ambil spons bersih, celupkan ke terpentin. Lalu gosokkan spons ke noda cat sambil dikucek-kucek. Terakhir, cuci seperti biasa.
Atau ambil sebutir telur, pecahkan. Oleskan putih telur ke noda cat. Gosok kain/pakaian yang bernoda berulang-ulang dan rendam semalaman. Bilas dan cuci seperti biasa.
 
" Ada domba lagi di sembelih" Selamat mencoba dan terimakasih
Wasalam.......Zaki Munawar........

0 komentar :

Posting Komentar

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More